Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments . . .

Senin, 05 Juli 2010

Piranha, real monster !!

Sesuai Dengan judul di atas, Ikan Piranha merupakan monster yang nyata. mengapa dikatakan monster ? karena mereka memangsa secara berkelompok dan tidak mengenal iba. Sebagian besar masyarakat yg tinggal di sungai amazon lebih memilih untuk menghindar dari kawanan hewan buas ini. Tetapi bukan berarti manusia kalah oleh binatang ini, terbukti penduduk di kawasan amazon( detailnya lupa, hhe :) )banyak juga yang menangkap ikan ini sebagai ikan konsumsi, mereka mengatakan daging ikan ini sangat lezat. dan tidak sedikit pula yang memelihara ikan ini sebagai penghias akuarium dalam kamar(seperti saya, hehe :p).


Dalam waktu ini saya akan menjelaskan dan jenis-jenis ikan piranha yang ada .
Piranha atau piraƱa adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. Namun, meskipun Hollywood sering mempublikasikan piranha dengan negatif, piranha tidak seberbahaya itu, dan sering dibudidayakan di rumah dan kantor.(lihat sumber)

Piranha menurut spesiesnya :
  1. Pygocentrus Cariba. (Black Shoulder Piranha)
  2. Pygocentrus Nattereri. (Red Bellied Piranha)
  3. Pygocentrus Palometa.
  4. Pygocentrus Piraya. (San Francisco Piranha)
Banyak orang yang ketika mendengar kata Piranha, mereka langsung tertuju pada mahluk yang mengerikan, haus darah, dan pemangsa yang kejam. Tetapi sekejam-kejamnya piranha, jarang sekali yang menyerang manusia seperti yang ada di film hollywood. Dan jika kamu menginginkan memeliharanya di rumah, kamu bisa kok memelihara jenis Red Bellied Piranha, yang harga pasaran di bandung cuma Rp.5000/ekor ukuran 5-10cm.

Tertarik untuk memelihara Piranha ? Berikut alat-alat yang harus dipersiapkan(harga untuk wilayah bandung) :
  1. Akuarium, ukuran minimal(P.L.T) 70*35*45cm. (+/- 40ribu).
  2. Air Pump/Pensuplai Oksigen dalam air. (+/- 20ribu).
  3. External Filter + Busa + Karbon Aktif sebagai penyaring air (+/- 70ribu).
  4. Air (gratis, hhe).
Berikut ini tips dari saya yang sudah memelihara piranha :
  1. Jangan satukan Piranha yang kecil(5-10cm) dengan yang besar(+10cm), karena lama-lama yang kecil bisa dimakan sama yang lebih besar.
  2. Air yang digunakan sebaiknya air yang telah diendapkan dan di aerasi minimal 1hari. Dan pastikan air yang akan/telah digunakan jernih.
  3. Pemberian makanan cukup 2x sehari. Pakan yang dianjurkan adalah cacing darah(blood worm) atau anak lele.
  4. Jika Piranha tidak aktif(kebanyakan diem di pojok akuarium) atau nafsu makannya kurang, biarkan saja, karena mungkin Piranha lagi menyesuaikan diri dengan tempat barunya.
Sekian pengertian dan tips dari saya, jika ada yang mau menambahkan silahkan. Mohon Maaf jika masih banyak kekurangan, kekurangannya dapat di tanyakan sama om google.
trima kasih .
RED BELLY PIRANHA

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

 
Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - HOME is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO